5 Perawatan Penting Lansia yang Bisa Dilakukan di Rumah

Posted on

Sharing is caring!

5 Perawatan Penting Lansia yang Bisa Dilakukan di Rumah

perawatan lansia di rumah

Meskipun kondisi tubuhnya sedang sehat, tetap saja perawatan lansia di rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berdasarkan keterangan dari Kementerian Kesehatan, lansia ialah orang-orang yang usianya sudah mencapai 60 tahun ke atas. Yang mana pada usia tersebut aktivitas motorik sistem tubuh manusia sudah mulai menurun.

Hampir sama seperti orang sakit, lansia ini juga memerlukan perhatian khusus, mengingat tubuhnya sudah tidak mampu lagi melakukan banyak hal seperti dulu. Dan dalam merawat orang yang sudah lanjut usia seperti ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang disebutkan di bawah ini.

Baca Juga : Perawatan Pasien Demensia

 

5 Hal Penting dalam Merawat Lansia di Rumah

perawatan penting lansia di rumah

  • Pendampingan Keseharian

Proses pendampingan kepada lansia sangat dibutuhkan, hal ini sangat penting dan menjadi prioritas utama pada kegiatan atau aktivitas keseharian dari lansia itu sendiri. Dengan keterbatasan mobiltas yang disebabkan oleh faktor usia, proses pendampingan kepada lansia harus dilakukan secara optimal agar semua kebutuhannya terpenuhi, mulai dari makanan, obat – obatan yang harus diminum dan support mental.

 

  • Masalah yang Muncul pada Kulit Lansia

Kulit akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Adapun perubahan yang dimaksud, ini dipengaruhi oleh keturunan, pola makan, gaya hidup dan sejumlah kebiasaan lainnya.

Pada lansia sendiri, memang ada sejumlah masalah kulit yang sering ditemui diantaranya ialah garis senyum, kerutan, kulit yang kering serta gatal akibat berkurangnya kelenjar minyak, munculnya bintik hitam hingga yang paling parah ialah luka decubitus akibat kurangnya mobilitas lansia dan bahkan sampai kanker kulit.

 

  • Perhatikan Kebutuhan Gizi Lansia

Sama seperti Anda yang saat ini masih muda, lansia juga membutuhkan asupan gizi yang beragam sekaligus seimbang. Apabila Anda memperhatikan hal ini, maka resiko lansia untuk mengalami penyakit bisa diminimalisir. Kemudian, Anda juga sangat disarankan untuk memasukkan sayur serta buah dalam menu yang disantap oleh lansia dalam kesehariannya.

Sayur serta buah tersebut akan membantu mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin harian. Kalaupun lansia mengalami kesulitan dalam mengunyahnya, Anda dapat menjadikan buah dan sayur tersebut sebagai jus atau yang lainnya, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan sayur dan buah pada lansia.

Selanjutnya, upayakan juga agar kebutuhan air lansia terpenuhi. Kalau lansia tersebut tidak mampu meminum air dalam jumlah yang cukup banyak, cobalah Anda siasati dengan cara memberikan buah yang kaya air atau makanan berkuah.

 

  • Berikan Perawatan pada Mulut dan Giginya

Sejumlah masalah juga bisa menghinggapi mulut dan gigi lansia seperti, gigi yang warnanya berubah menjadi lebih gelap, mulut kering karena produksi air liur berkurang, gingivitis dan juga periodentitis.

Karena adanya resiko masalah tersebut, sebaiknya coba Anda tanyakan pada lansia, apakah dia kesulitan dalam menjaga kesehatan mulut dan giginya atau tidak. Karena bisa saja lansia memang tidak mampu membersihkan giginya dengan baik karena pergelangan tangannya sudah sakit.

Dan kalau memang lansia mengalami sejumlah masalah di atas, sebaiknya Anda segera membawanya berkonsultasi ke dokter.

 

  • Perawatan Mental

Lansia juga bisa merasakan depresi. Tentunya, depresi yang dirasakan oleh lansia berbeda dengan yang dirasakan oleh orang muda. Biasanya, depresi pada lansia ini diakibatkan oleh penyakit yang dideritanya atau ruang geraknya yang tiba-tiba menjadi terbatas.

Anda harus mewaspadai hal ini karena depresi dapat meningkatkan resiko lansia untuk terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, depresi juga mempertinggi resiko kematian bagi lansia yang memang sudah sakit. Bahkan depresi ini juga bisa memicu lansia untuk melakukan bunuh diri.

Dibutuhkan support mental yang baik, supaya orang yang sudah memiliki usia lebih lanjut tersebut bisa mengontrol emosinya sehingga mental yang sedang dialami tidak menjadi down dan tetap bisa menikmatik kehidupan yang berkualitas.

Baca Juga : Perawatan Pasien Demensia

 

Solusi Untuk Anda Tidak Dapat Merawat Lansia Sendirian

Ada banyak kasus dimana orang memilih panti jompo sebagai tempat untuk menitipkan orang tuanya yang sudah lanjut usia. Walaupun ini tergantung pada pilihan masing-masing namun sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut. Hal ini dikarenakan orang tua yang dititipkan ke panti jompo akan mempunyai semacam perasaan seperti dibuang dan kesepian karena jauh dari keluarganya sendiri.

Kalaupun Anda memang cukup sibuk dengan rutinitas sehari-hari, ada baiknya Anda memanfaatkan jasa pendampingan lansia home care. Banyak sekali jasa seperti ini, Tenang saja, tenaga pendamping lansia yang dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan jasa perawat biasanya adalah tenaga-tenaga yang telah terlatih, profesional bahkan tersertifikasi.

Ada beberpa keuntungan atau manfaat yang bisa anda rasakan, diantaranya adalah :

  • Proses perawatan kepada lansia menjadi lebih optimal
  • Pengawasan dan perencanaan kebutuhan perawatan pasien menjadi lebih terstruktur.
  • Kebutuhan lansia lebih terpenuhi
  • Mental dan kualitas hidup lansia menjadi lebih baik, karena ada teman baru dalam hidupnya.

Masih banyak manfaat – manfaat lain yang bisa akan anda rasakan. Jadi, Anda dapat menyerahkan soal urusan perawatan lansia di rumah kepada mereka, perawat yang sudah berpengalaman dan terlatih. Maka,  dengan tenang anda dapat menjalankan aktifitas dengan lebih nyaman.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *