7 Syarat Masuk Perawat di Universitas – Hallonurse.com

Posted on

Sharing is caring!

7 Syarat  Masuk Perawat di Universitas

persyaratan calon perawat untuk pendaftaran universitas

7 Syarat  Masuk Perawat di UniversitasJurusan Ilmu Keperawatan memang cukup digandrungi oleh para siswa pada saat ini. Pasalnya, profesi yang berkaitan erat dengan membantu kesehatan masyarakat ini memang sangat mulia. Di samping itu, biaya yang dibutuhkan juga bisa dikatakan relatif lebih rendah apabila dibandingkan dengan jurusan kedokteran. Sehingga wajar saja apabila kemudian peminat jurusan ini sangat banyak.

Kebutuhan tenaga keperawatan banyak dibutuhkan dibeberapa fasilitas kesehatan di Indonesia, seperti rumah sakit, klinik, lowongan pegawai negeri sipil ( PNS ) bidang keperawatan, atau provider layanan home care. Maka dari itu tidak heran jika peminat untuk menjadi seorang perawatpun banyak sekali. Diliahat dari profesinya perawat memiliki peran yang sangat penting dalam hal penyembuhan pasien. Karena memang perawat lebih memiliki banyak waktu terhadap pasien dalam proses penyembuhan. Anda ingin menjadi seorang perawat ? simak persyaratan calon perawat untuk diterima di universitas berikut ini :

 

7 Syarat Masuk Perawat di Universitas

  • Lulus SMA / SMK

Syarat paling utama yang harus ditaati oleh setiap calon mahasiswa keperawatan adalah sudah lulus SMA ( Sekolah Menengah Atas ), dan sederajat. Pada perguruan tinggi negeri, umumnya aturan yang diberlakukan adalah bahwa siswa tersebut merupakan lulusan SMA dengan spesifikasi jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) saja.

Namun Anda yang sebelumnya berasal dari jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) tidak perlu merasa berkecil hati. Karena faktanya, ada beberapa kampus swasta bergengsi yang menerapkan syarat cukup fleksibel. Yaitu dimana siswa yang hendak mendaftar jurusan perawat tidak diharuskan memiliki background IPA, yang tentunya sangat melegakan.

Saat ini sudah banyak SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan ) bidang keperawatan yang membuat para siswa lebih mudah diterima di kampus atau universitas yang menyediakan jurusan keperawatan.

  • WNI

Salah satu persyaratan umum bagi siswa yang ingin mendaftar di jurusan Ilmu Keperawatan adalah merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia. Meskipun faktanya bahwa beberapa universitas menerima mahasiswa asing. Namun syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh setiap perguruan tinggi berbeda-beda, tidak bisa disamakan.

 

  • Tidak buta warna

Poin ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh seluruh calon mahasiswa jurusan keperawatan. Saat mendaftar, maka para siswa akan memasuki tahapan tes kesehatan dimana Anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk buta warna. Jika Anda terbukti buta warna, maka sudah tentu akan terdiskualifikasi jadi mahasiswa keperawatan.

  • Tinggi badan

Meskipun bukan merupakan sebuah syarat mutlak, namun beberapa kampus negeri dan politeknik kesehatan ternama menjadikan tinggi badan calon mahasiswa sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi. Secara umum, calon mahasiswa baru diharuskan memiliki tinggi badan minimal 150 cm untuk perempuan, dan 155 cm untu laki-laki.

Tapi bagi Anda yang memiliki tinggi badan di bawah angka tersebut, tidak perlu merasa gusar dan rendah hati. Karena masih ada pilihan lain untuk mendaftar, yaitu kampus swasta. Seperti yang diketahui bersama, bahwa PTS memang memiliki standar yang lebih rendah dibandingkan negri. Jadi bisa dijadikan options dan referensi bagi yang ingin daft

  • Melengkapi dokumentasi

Setiap universitas memiliki berbagai macam persratan yang berbeda – beda untuk setiap persyaratan dokumentasi namun secara garis besarnya adalah anda harus menyiapkan dokumen seperti di bawah ini :

  • Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah
  • Jika ijazah belum anda diwajibkan untuk memberikan fotokopi surat keterangan LULUS dari sekolah asal anda
  • Foto kopi KTP
  • SKCK ( Surat keterangan catatan kepolisian )
  • Pas photo
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mebayar adaministrasi

 

  • Lulus tes ujian

Ini merupakan salah satu syarat wajib yang pasti sudah diketahui oleh semua calon mahasiswa jurusan keperawatan. Dimana Anda diharuskan untuk mengikuti ujian tertulis untuk membuktikan seberapa jauh kemampuan siswa. Misalnya saja TKD (Tes Kemampuan Dasar), tes pengetahuan umum, dan kemudian yang terakhir psikotest.

Apabila Anda gagal di salah satu ujian yang diselenggarakan oleh pihak universitas, maka sudah pasti gagal dan tidak lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya. Karenanya, belajarlah dengan serius supaya bisa lulus tes tersebut. Survei membuktikan, bahwa kebanyakan calon mahasiswa gagal di tahap ujian psikotest dikarenakan asal jawab.

  • Membayar biaya pendaftaran dan kuliah

Jika semua syarat untuk kuliah di universitas seperti di atas sudah berhasil terpenuhi dan Anda juga sukses dalam tes yang diadakan penyelenggara. Maka langkah selanjutnya supaya bisa mengenyam bangku pendidikan jurusan keperawatan adalah dengan membayar biaya pendaftaran dan kuliah. Untuk hal ini, maka bisa langsung berdiskusi dengan orang tua atau pun wali Anda.

Sebagai tips dan informasi tambahan, apabila ingin menghemat biaya maka sebaiknya memilih universitas yang memiliki klinik dan rumah sakit sendiri. Sehingga nantinya Anda tidak bingung mencari tempat praktek dan membuang biaya untuk kos serta transportasi.

 

Dari ketujuh syarat tersebut sebaiknya anda selalu sering menggali informasi dari kedua sisi baik dari asal sekolah anda ataupun informasi dari universitas baru yang sedang anda tuju, dikhawatirkan ada perubahan informasi perihal persayaratan pendaftaran.

 

Itulah tujuh syarat masuk perawat di universitas, semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan untuk share kepada siapapun yang membutuhkan informasi ini.

Sharing is caring!