7 Syarat Menjadi Perawat Rumah Sakit Hallonurse.com

Posted on

Sharing is caring!

7 Syarat Menjadi Perawat Rumah Sakit

syarat menjadi perawat rumah sakit

 

7 Syarat menjadi perawat rumah sakit. Setelah menyelesaikan pendidikan dibidang perawat, tentunya setiap alumni memiliki keinginan untuk menjadi seorang perawat profesional di sebuah rumah sakit ternama. Bukan hanya dikarenakan faktor kebutuhan akan penghasilan, namun juga untuk mengasah kemampuan sehingga bisa lebih mahir lagi.

Tapi sayangnya, jalan menuju impian tersebut tidak selalu mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memutuskan untuk membulatkan tekad mengirim lamaran pekerjaan di rumah sakit tertentu. Sehingga nantinya dapat diterima di tempat yang memang diinginkan.

Kembali ke topik utama, menjadi seorang perawat yang berkeja dirumah sakit tentu di haruskan memiliki kriteria khusus yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit itu sendiri. Namun secara garis besar pihak manajemen rumah sakit memiliki syarat yang akan kami jelasakan seperti berikut ini.

7 Syarat Menjadi Perawat Rumah Sakit Yang Harus Diperhatikan

  1. Dokumen lengkap

Hal pertama dan paling utama yang harus dipersiapkan sejak jauh hari oleh calon perawat dirumah sakit adalah dokumen seperti ijazah terlegalisir, foto copy transkip nilai, pas foto (ukuran bervariasi tergantung permintaan pihak rumah sakit), foto copy STR dan SIP, foto copy sertifikat dan piagam (jika ada), foto copy KTP, SKCK ( surat keterangan catatan kepolisian ) serta surat lamaran kerja , dan dokumen pendukung lain yang dibutuhkan oleh pihak manajemen rumah sakit.

Perlu diketahui, bahwa secara umum syarat utama untuk mendaftar menjadi perawat dirumah sakit saat ini adalah Anda harus seorang WNI (Warga Negara Indonesia). Hal ini dibuktikan dengan lampiran foto copy KTP atau kartu identitas lainnya pada saat ingin mendaftar.

  1. Mengikuti ujian ( test )

Setelah anda lolos dari proses seleksi dokomen, langkah berikutnya adalah anda akan mengikuti test tentang pengetahuan keperawatan adna. Sebelum pihak manajemen rumah sakit menerima anda, pastinya mereka akan melakukan ujian atau test tulis sebelum anda memasuki dan bekerja dirumah sakit tersebut. Pastikan anda sudah memiliki persiapan khusus, mulai dari pengetahuan dan mental

  1. Memiliki STR

Bagi mahasiswa jurusan Ilmu Keperawatan, pastinya sudah sangat familiar dengan istilah Surat Tanda Registrasi atau yang biasa disingkat STR. STR ini merupakan bukti tertulis yang didapatkan dari pemerintah kepada setiap calon tenaga kesehatan yang sebelumnya sudah memegang sertifikat kompetensi. Dengan adanya STR, maka perawat bisa bekerja.

Saat ini bagi seorang perawat yang belum memiliki STR memiliki resiko gagal dalam penerimaan kerja di rumah sakit lebih tinggi. Hal ini terjadi karena STR merupakan salah satu kebutuhan manajemen untuk mengembangkan rumah sakit itu sendiri, mulai dari kebutuhan akreditasi rumah sakit dan lain sebagainya.

  1. Interview User

Langkah selanjutnya adalah anda akan melakukan interview user. Pihak manajemen rumah sakit akan melihat dan menilai cara anda berbica dan cara berprilaku anda saat wawanca. Tidak jarang sebagian calon perawat rumah sakit yang gagal saat mengikuti test wawanca, karena mungkin saja masih dianggap belum memenuhi kriteria dengan kebutuhan rumah sakit.

  1. Sehat jasmani dan rohani

Bagaimanapun, bekerja dibidang kesehatan menjadikan sehat jasmani serta rohani sebagai salah satu syarat wajibnya. Karena disini, tugas perawat adalah memberikan bantuan kepada pasien yang membutuhkan keperawatan. Jadi, sebelum memutuskan untuk apply ke sebuah instansi rumah sakit, maka sebaiknya periksa kesehatan Anda terlebih dahulu.

Test kesehatan pasti akan dilakukan sebelum anda bergabung dan bekerja disebuah rumah sakit. Sebelum anda melakukan test, pastikan kondisi kesahatan anda sedang baik dan prima. Karena akan sangat mengecewakan jika anda ditolak untuk bekerja dirumah sakit karena kondisi badan anda sedang tidak fit.

 

  1. Pengalaman magang / kerja

Ketika menempuh pendidikan keperawatan, setiap mahasiswa pasti sudah pernah merasakan yang namanya magang atau praktek lapangan. Berbeda dengan jurusan lain, Ilmu Keperawatan memang dipenuhi dengan kegiatan terjun langsung di lapangan, sehingga para lulusan sudah memiliki pengalaman magang dan mendapat sertifikat.

Tapi bagaimana dengan pengalaman kerja? Poin ini merupakan salah satu topik pembahasan yang paling hangat diantara mahasiswa keperawatan, terutama yang baru lulus dan tengah pekerjaan. Perlu diketahui, bahwa pengalaman bekerja minimal satu tahun biasanya diperuntukkan kepada calon perawat Intensive Care Unit (ICU), dan sebagainya.

Jam terbang sudah diragukan lagi, maka dari itu jika pengalaman kerja anda sudah cukup maka pihak manajemen rumah sakit akan lebih memprioritaskan anda untuk bergabung dan bekerja sama pada rumah sakit itu sendiri.

 

  1. Usia

Setiap rumah sakit menerapkan kebijakan masing-masing mengenai usia minimum dan maksimum ketika open recruitment untuk perawat baru. Oleh sebab itu, maka sebaiknya perhatikan peraturan yang ditentukan ini. Jadi jangan nekad dan asal mendaftar saja, karena jika usia Anda lebih dari yang dicari maka tentu akan langsung ditolak.

Itulah 7 Syarat Menjadi Perawat Rumah Sakit Yang Harus Diperhatikan versi hallonurse.com, semoga bermanfaat.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *