jenis hepatitis

Jenis- Jenis Hepatitis & Pengertiannya Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

Sharing is caring!

Jenis- Jenis Hepatitis & Pengertiannya Yang Wajib Anda Ketahui

 

jenis hepatitis

Seperti kita semua tahu hepatitis merupakan salah satu penyakit menular, akan tetapi tidak mengetahui macam dan jenis hepatitis serta langkah penularannya, hal ini yang membuat motivasi penulis dalam membagikan sedikit informasi mengenai penyakit hepatitis.

Hepatitis merupakan peradangan yang menyebabkan liver atau hati, hepatitis seniri tergolong penyakit yang berbahaya dikarenakan menyerang organ hati yang tentu merupakan organ yang penting dengan berbagai fungsi.  Perdangan pad hati umumnya disebabkan oleh toxin seperti zat kimia dan obat-obatan yang dapat menyebabkan infeksi, hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut dengan hepatitis akut sedangkan hepatitis yang berlangsung lebih ari 6 bulan disebut dengan hepatitis kroniik.

Gejala  umum yang di timb ulkan karena penyakit hepatitis  adalah :

  1. Rasa nyeri atau sakit pada bagian perut bagian kanan
  2. Badan terasa lemas
  3. Mual
  4. Demam
  5. Diare
  6. Pada beberapa kasus ditemukan gejala sakit seperti flu
  7. Kulit dan mata terlihat kuning

 

Jenis – jenis hepatitis

Ada lima jenis virus penyebab hepatitis yaitu hepatitis A, hepatis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E, kelima virus tersebut umumnya menunjukan gejala yang sama akan tetapi masing- masing memiliki cara unik dalam hal penularan dan dampaknya terhadap kesehatan.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A merupakan salah satu virus yang tidak serius dan dapat sembuh dengan spontan tanpa meninggalkan jejak, penyakit ini bersifat akut  rasa sakit yang dirasakan berkisar 1-2 minggu. Hepatitis A disebabkan oleh virus (HAV ) yang menjai sangat mudah penularannya  terutama melalui makanan atau air yang tekontaminasi oleh tinja orang terinfeksi, kebersihan yang buruk menjadi penyebab penularan virus ini, oleh karena itu masyarakat yang terjangkit oleh virus ini umunya merupakan masyarakat yang tingkat kebersihanya rendah.

 

Orang yang terjangkit penyakit ini biasanya menunjukan gejala yaitu kehilangan nafsu makan, seperti terkena flu, mual dan lemas serta ,menunjika ikterik yaitu warna kuning pada mata dan kulit , tinja biasanya terlihat lebih gelap .

Menjaga lingkungan yang bersih dan menerapkan hidup sehat serta mencuci tangan merupakan upaya pencegahan terhadap penyakit ini serta melakukan pencegahan dari sejak dini dan melindungi keluarga dari penularan hepatitis A.

  1. Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan oleh (HBV) biasanya di tularkan oleh darah atau cairan tubuh pasien seperti air mani, air liur atau cairan vagina kedalam aliran darah orang yang sehat, proses penularannya terjadi pada saat penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi virus ini, ,perawatan gigi yang tiak disterilkan, cara penularan lain itu terjadi pada Rahim ibu yang terinfeksi virus hepatitis B serta berhubungan sexs dengan pendirita hepatitis juga dapat menyebabkan penularannya . biasanya untuk penyakit ini dilakukan vaksinasi sejak bayi sampai dewasa sebagai salah satu upaya dari pencegahan.

  1. Hepatitis C

Penyakit ini meruapakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia. Hepatitis C di sebabkan oleh virus (HCV), hal ini dikarenakan penyakit ini tidak menunjukan gejala yang menunjukan hepatitis C apapun. Hepatitis ini kana terlihat saat hepatitis menunjukan gejala kronis , penyebab penularan terbesar terjadi akibat dari kontaminasi jarum suntik atau jarum tato yangdigunakan dalam kondisi yang tidak higenis, saat ini belum ada vaksin yang dapat melindungi kita penyakit hepatitis C .

  1. Hepatitis D

Hepatitis D yang sering disebut sebagai virus delta  merupakan virus cacat yang memerlukan pertolongan virus hepatitis B untuk berkembang biak sehingga hanya ditemukan pada seseorang yang terinfeksi hepatitis B. virus hepatitis D (HDV) adalah virus yang paling jarang terjadi namun paling berbahaya dari semua virus hepatitis .

  1. Hepatitis E

Hepatitis E memiliki kemiripan dengan hepatitis A, virus HEV  ditularkan melalui kototan manusia ke mulut dan menyebar melalui makanan atau minuman  yang terkontaminasi.  Saat ini belum ada vaksin hepatitis E namun pencegahan dapat dilakukan dengan cara penerapan standar kebersihan yang baik.

 

Beberapa tips untuk mencegah penularan penyakit hepatitis yang disebabkan oleh kebersihan lingkungan yang rendah yaitu dengan, minumlah dari sumber air yang bersih ,  jangan jajan di tempat makanan yang tidak tertutup, hindari jajan buah potong yang tidak diketahui kebersihannya ,cuci buah dan sayur dengan air matang sebelum dimakan serta cuci tangan dengan sabunsetiap kali keluar mandi dan lakukan vaksinasi jika memang anda tinggal di tempat yang beresiko terhadap penyakit hepatitis .

 

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *