Perawatan Pasien Lansia Demensia Penting Untuk Anda Ketahui

Posted on

Sharing is caring!

Perawatan Pasien Lansia Demensia Penting Untuk Anda Ketahui – Hallonurse.com

perawatan pasien lansia demensia

 

Perawatan Pasien Lansia Demensia – Tinggal dan beraktivitas sehari – hari bersama pasien demensia terkadang membuat anda capek. Apalagi pasien demensia terkadang sering melakukan hal – hal yang tidak semestinya mereka lakukan, contohnya : mandi di tengah malam, tidak bisa tidur di malam hari, takut gelap, lupa terhadap hal penting, dan lain – lain. Yang mana kondisi seperti ini terkadang membuat anda merasa kesal dan capek

Perlu anda yakinkan pada diri anda bahwa, pasien atau lansia yang memiliki penyakit demensia memang sudah dipastikan akan mengalami perubahan sikap dan prilaku yang tidak seperti biasanya. Maka dari itu anda harus benar – benar sabar dalam menyikapinya.

Kali ini team hallo nurse akan sharing mengenai perawatan pasien demensia yang bisa anda lakukan di rumah agar pasien tetap merasa nyaman dan betah tinggal dan hidup bersama anda. Pengalaman ini kami rangkum berdasarkan pengalaman saat merawat pasien di rumah sakit atau pada saat memberikan pelayanan di rumah ( home care ).

 

Berikut Tata Cara Perawatan Pasien Lansia Demensia

Memberikan perawatan kepada pasien demensia bukan seperti merawat orang sakit pada umumnya karena biasanya hanya memberikan obat atau terapi yang sesuai dengan arahan dokter saja. Sementara itu memberikan perawatan kepada pasien dibutuhkan beberapa aspek penting lain yang harus anda perhatikan diantaranya adalah :

 

Buat Suasana Pasien Menjadi Nyaman

Terkadang pasien demensia memilki ingatan yang cukup lemah. Pernahkah anda pernah melihat ia merasa kepanasan, namun ia malah mencari jaket untuk ia kenakan layaknya sedang kedinginan. Hal seperti ini, tidak perlu anda cemas atau takut karena memang perubahan prilaku sudah pasti terjadi kepada pasien demensia.

Hal penting yang harus anda lakukan adalah membuat ia nyaman dengan kondisi saat ini. Misalnya, saat ia merasa kepanasan di kamar namun pada saat itu ia mencari jaket untuk di gunakan, cobalah bantu dengan cara menyalakan AC atau kipas angin di kamarnya sampai ia tertidur atau istirahat.

Contoh kasus selanjutnya adalah pasien sering tidur di lantai. Pasien demensia sering kali melakukan hal – hal yang terbilang unik, salah satunya adalah tidur di lantai, meskipun kita telah menyiapkan tempat tidur yang enak dan nyaman. Anda harus tetap fokus dalam memberikan rasa nyaman kepada pasien. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memberikan matras di lantai, tujuannya agas pasien tidak tidur di lantai melainkan di atas matras. Cara ini pun terkadang belum berhasil karena mungkin saja ia tetap ingin tidur di lantai. Masih ada jenis – jenis contoh lain yang terkadang membuat anda kesal dan jengkel.

 

Perhatikan Maksud dari Perubahan Perilakunya

Bila anda sudah mendapati contoh prilaku yang sudah kami jelaskan di atas, sebaiknya anda tidak perlu emosi atau marah, dikarenkan hanya akan merugikan diri anda sendiri. Sebanarnya mereka hanya ingin anda tau maksud dan keinginan mereka.

Contoh kasus yang pernah kami jumpai. Ada seorang pasien demensia, pensiuanan dari salah satu kementrian pendidikan yang susah untuk tidur malam. Melihat dari track record nya pasien memiliki hobi membaca sejak masih muda. Saat itu keluarga mulai mencoba memperhatikan hobi membacanya dengan cara menyiapkan buku – buku seputar pendidikan yang ia sukai. Dan ternyata cukup berhasil membuat pasien bisa tidur normal, walaupun saat ini terkadang pasien lupa dengan aktifitasnya.

Kesimpulan dari contoh kasus yang kami temukan pada perawatan pasien lansia demensia ini adalah selain dari kebutuhan harian, ternyata support mental dan pengarahan sesuai dengan prilaku pasien, membuat mereka merasakan lebih diperhatikan dan tentunya merasakan kenyamanan pada diri mereka.

 

Konsultasikan Ke Dokter

Meskipun di Indonesia masih sedikit dokter ahli geriatric, anda harus berkonsultasi kepada ahlinya. Dengan berkonsultasi dan memberikan track record yang jelas di harapkan dokter ahli geriatric mampu memberikan solusi untuk anda.

Selain berkonsultasi seputar obat atau dosis, dokter ahli geriatri mampu memberikan bantuan psikologis yang mungkin saja belum anda ketahui. Karena pasien demensia akan mudah diarahkan jika instruksi yang diberikan sesuai dengan logika mereka.

 

Periksa Perubahan Fisik

Selain sikap, prilaku, dan mental hal penting yang harus anda perhatikan dalam memberikan perawatan pasien lansia demensia adalah fisik mereka. Ada beberapa bagian tubuh pasien dimensia yang harus anda sering pantau, yang pertama adalah gigi dan gusi. Perhatikan kesehatan gigi dan gusi mereka, terlebih lagi jika menggunakan gigi palsu, karena dikhawatirkan mengalami kesulitan pada saat makan.

Perawatan fisik selanjutnya adalah perawatan sendi dan kaki. Terkadang pasien kenekan tidur berlama – lama sampai lupa untuk beraktivitas. Maka dari anda yang ingat dan melihat aktivitas mereka sebaiknya di jaga dan dirawat sebaik mungkin. Lakukanlah aktivitas ringan untuk melatih otot, kaki, dan sendi mereka agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

 

Sabar dan Jangan Menyerah

Terkadang anda sudah menjadwal aktivitas makan, jadwal sehari – hari, minum obat dan lain sebagainya, namun ternyata prilaku mereka mebuat jadwal yang anda siapkan berubah semuanya. Jangan berpacu terhadap rutinitas, namun tetaplah melihat keinginan mereka dan tentunya memberikan pemantauan agar selalu sesuai arahan medis ( dokter ahli geriatri ).

 

Itulah perawatan pasien lansia demensia yang penting dan bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *